liktor habrianto

Halaman

  • Beranda
  • Eramuslim
  • Wahdah
  • Arrisalah
  • voa-islam

Jumat, 27 April 2012

Kewajiban Terhadap Rasul (Ust. DR. Hidayat Nurwahid)



              Salah satu pilar iman adalah beriman terhadap para Rasul (QS 2:286). Ayat tersebut merupakan penegasan bahwa para rasul terdahulu itu beriman kepada rasul-rasul sebelumnya. Para Rasul adalah utusan Allah yang dipilih oleh-Nya dari tengah umat manusia, membawa ajaran yang benar, kemudian Allah memunculkan kebenaran mereka agar manusia dapat melestarikan kebenaran yang mereka bawa. Maka kita sebagai orang yang beriman pun memiliki kewajiban untuk meyakini bahwa para rasul itu diutus oleh Allah SWT, membawa ajaran kebenaran-Nya, dan kemudian mengikuti mereka. Terutama terhadap Nabi besar Muhammad SAW, sebagai penutup para Nabi dan penyempurna ajaran nabi-nabi sebelumnya.
Beriman kepada Rasulullah SAW merupakan salah satu konsekuensi dari pemahaman bersyahadah, yaitu Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul Allah. Kesaksian kita akan jujur dan istiqomah jika diwujudkan menjadi sikap:

· Membenarkan dan mengikuti apa yang dibawa oleh Rasulullah SAW (QS 52: 2-4)
· Taat kepada Rasulullah SAW (QS 4:59-60)
· Menjauhi apapun yang dilarang dan tidak disukai Rasulullah SAW (QS 59:7)
· Tidak beribadah kepada Allah kecuali dengan apa yang disyari’ahkan oleh Rasulullah SAW. Sabda Nabi “Tidakberiman diantara kamu sehingga hawa nafsunya tunduk kepada apa yang kubawa” (HR Tirmidzi)

Kewajiban Terhadap Rasulullah SAW

Adapun diantara kewajiban kepada Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:
1. Beriman kepada Rasulullah SAW (QS 4:136/ 7:158)
Allah menegaskan perintah keimanan kepada Rasulullah SAW lewat ayat di atas. Perintah-perintah dalam al-Qur’an ¾ secara umum ­¾ berarti suatu kewajiban. Mustahil kita dapat mengikuti Rasulullah SAW, jika tidak diawali dengan beriman kepadanya terlebih dahulu.
2. Ketaatan kepada Rasulullah SAW (QS 4: 80)
Ketaatan kepada Nabi akan membawa kepada sikap mau mengikuti beliau (ittiba’). Tidak ada ketaatan yang mutlak, kecuali dilakukan kepada manusia yang membawa kebenaran Allah SWT. Ketaatan kepada Rasulullah SAW pada hakikatnya merupakan ketaatan kepada Allah (QS 4:80). Manusia wajib taat kepada Allah, kemudian Allah menegaskan bahwa ketaatan kepada Rasul adalah sebagian dari ketaatan kepada-Nya. Maka ketaatan kepada Rasul, wajib juga untuk umat Islam dan memiliki makna yang mendalam. 
3. Mengikuti Rasulullah SAW (QS 3:31)
Yang kita lakukan dalam konteks beribadah, bermu’amalah dan berakidah harus mengikuti Rasulullah SAW, sebagaimana telah dicontohkan oleh beliau. Para ulama membuat sebuah kaidah: hal-hal yang berkaitan dengan masalah ibadah dan akidah hukum dasarnya tidak boleh, kecuali apa yang dicontohkan Rasulullah SAW kecuali ada dalil yang mengatakan boleh. Sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan muamalah (hubungan sesama umat manusia) hukum dasarnya adalah boleh, kecuali bila ada dalil yang mengatakan tidak boleh. Ittiba’ ini merupakan bagian dari rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW. Mencintai Allah tak akan mungkin terjadi kecuali kita sungguh-sungguh mencintai Rasulullah SAW.
4. Bersholawat kepada Rasulullah SAW
Bila nama beliau disebut, kita wajib menyampaikan sholawat untuknya. Hal ini salah satu syarat turunnya syafaat di hari kiamat kelak.
5. Memahami bahwa Rasulullah SAW adalah Nabi penutup (QS 33:30)
Nabi adalah nabi terakhir, penutup para nabi. Tidak ada lagi nabi, rasul dan wahyu setelahnya. Umat Islam tidak perlu terjebak akan adanya klaim dari manusia yang mengaku bahwa dirinya adalah seorang nabi. Jikapun ada, bisa dipastikan bahwa hal itu palsu, tidak perlu diikuti bahkan harus diingkari. Aqidah tentang khotmun nubuwwah (Muhammad nabi terakhir) akan membebaskan kita dari masalah teologis. Kita tidak perlu lagi mencari ajaran-ajaran kewahyuan di luar ajaran Nabi SAW.
6. Membela Rasulullah SAW
Sikap cinta perlu dibuktikan dengan pembelaan kepada Rasulullah SAW. Khususnya dari pihak yang ingin mendiskreditkan, memfitnah Rasulullah SAW. Pembelaan kepada beliau berarti juga pembelaan kepada kebenaran dan keberlangsungan ajaran Islam. Allah selalu membela Nabi, dengan menurunkan mu’zijat, memberikan kemampuan berdebat, bahkan dengan menurunkan para malaikat kepada beliau.
Beberapa kewajiban kita kepada Rasulullah SAW, dilakukan karena dalam diri beliau  terdapat panutan (suri teladan) yang baik dengan pengharapan pertemuan dengan Allah dan keselamatan dari azab api neraka (QS 33:21). Rasulullah SAW adalah tokoh yang layak,  berkaitan dengan masalah moralitas, ibadah, dakwah, pendidikan, sosial, politik, perjuangan ekonomi, rumah tangga, bahkan peperangan. Melaksanakan kewajiban kepada Rasulullah SAW akan sempurna jika kita memahami karakteristik risalah yang dibawa beliau. Diantaranya adalah:
·Ajaran Nabi Muhammad adalah penggabungan ajaran rasul-rasul sebelumnya. Sehingga ajaran Nabi SAW adalah ajaran yang mensejarah dan berkaitan dengan kebenaran iman dan kebenaran syari’ah para nabi terdahulu (QS 2:136).
·Ajaran Muhammad bersifat universal (QS). Allah mengutus Rasulullah SAW untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Risalah Nabi SAW cocok untuk semua kelompok manusia dan semua zaman. Hal ini dimungkinkan karena ajaran Islam karena Islam memenuhi kebutuhan realitas kehidupan. Di dalam al-Qur'an ada dialog antara wahyu dengan umat manusia, antara Rasulullah SAW dengan Allah, antara Rasulullah SAW dengan kaumnya.
·Ajaran Islam mementingkan yang mudah bagi manusia, menghilangkan yang sulit. Yang dimaksud dengan yang mudah bukan memudah-mudahkan. Melainkan kemudahan yang sesuai dengan fitrah manusia, yang sesuai denganr realisasi yang ma’ruf dan upaya untuk meninggalkan yang munkar.  

Itulah beberapa kewajiban yang dapat dilakukan terhadap para rasul, khususnya Rasulullah SAW dan spesifikasi ajaran yang dibawa beliau. Sebagai bukti konsekuensi ikrar syahadah kepada Rasulullah SAW. Kita berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melaksanakannya. Semoga Allah memberikan kemudahan. 
Diposting oleh MUJAHID ALOR di 10.46
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Entri Populer

  • ASKEP KECEMASAN
    A.    Pengertian Kecemasan atau anxiety adalah suatu sinyal yang menyadarkan; ia memperingatkan adanya bahaya yang mengancam dan memu...
  • BAHAYA GHAZWUL FIKRI
              “Beberapa kelompok manusia akan memperebutkan kalian seperti halnya orang-orang rakus yang memperebutkan hidangan.” Empat b...
  • Tidak Manunda Dalam Melaksanakan Hak Orang Lain
                Dalam kehidupan masyarakat muslim ditemui pola hubungan antar warganya bervariasi. Dari sini ajaran Islam terdapat tuntut...
  • ANATOMI MUSKULOSKELETAL
    Dr. Suparyanto, M.Kes ANATOMI SISTEM MUSKULOSKELETAL TULANG (OSSEOUS) Tulang tersusun atas sel, serat dan matriks Jenis sel tulang ...
  • 17 ALASAN MENJADI PENGIKUT YESUS YANG SETIA
    KAJIAN KRISTOLOGI ISLAM LINTAS KITAB SUCI 17 ALASAN MENJADI PENGIKUT YESUS YANG SETIA HARUS BER”ISLAM” TINJAUAN AL QUR-AN DAN INJIL ...

Feedjit

Mengenai Saya

Foto saya
MUJAHID ALOR
Memantapkan Peran Dakwah Islamiyah dan Tarbiyah
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Halaman

Radio Online Wahdah


popup
Script Suara Wahdah
eramuslim online streaming

jejak pengunjung

Arsip Blog

  • ▼  2012 (54)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (11)
    • ►  September (3)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Juni (3)
    • ►  Mei (28)
    • ▼  April (7)
      • FIQH IBADAH
      • Kewajiban Terhadap Rasul (Ust. DR. Hidayat Nurwahid)
      • BAHAYA GHAZWUL FIKRI
      • PROBLEMATIKA UMAT
      • Sepuluh Wasiat Imam Hasan Al-Banna
      • SEJARAH ISLAM DI INDONESIA
      • URGENSI KHILAFAH DAN KESATUAN KAUM MUSLIMIN DALAM ...
Tema Jendela Gambar. Gambar tema oleh epicurean. Diberdayakan oleh Blogger.